Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Profile Majlis

Published: Tuesday, 19 May 2020

PROFIL PERGURUAN MUHAMMADIYAH CIPULIR

KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN

Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan adalah salah satu bentuk Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan yang terletak di Jalan Panjang Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

Selanjutnya, dalam sejarah perkembangan Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan sebagai bagian yang melaksanakan visi dan misi Muhammadiyah, disampaikan sebagai berikut:

 

           SEJARAH BERDIRI DAN PERKEMBANGANNYA;

  1. Pada tahun 1959, Bapak HS. Prodjokusumo mewakafkan sebidang tanah seluas 2.200 M2dengan bangunan yang sangat sederhana yang berdiri di atas tanah tersebut. Bangunan tersebut didirikan oleh beliau dalam rangka merintis Sekolah Madrasah Wajib Belajar (MWB).
  2. Bapak HS. Prodjokusumo bercita-cita, kelak keberadaan sekolah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Cipulir Kebayoran Lama khususnya dan Jakarta umumnya dalam ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa. Masih dalam tahun 1959 Bapak HS. Prodjokusumo menunjuk Ibu Hj. Siti Djauharin Insijah untuk menjadi Kepala Sekolah MWB tersebut, sekaligus memberi kepercayaan untuk meningkatkan dan mengembangkannya dimasa-masa yang akan datang.
  3. Perubahan dari MWB menjadi Sekolah Dasar Islam Muhammadiyah 28:

Dalam perkembangan masyarakat yang semakin bergerak maju, maka Madrasah Wajib Belajar tersebut pada tahun 1965 berganti status menjadi Sekolah Dasar Islam Muhammadiyah 28 yang kemudin pada tahun 1967 mendapat persamaan ijazah negeri.

Tahun 1969: SD Islam Muhammadiyah 28 mendapatkan status “Bersubsidi”, dengan demikian memperoleh bantuan dari pemerintah DKI Jakarta guna menunjang biaya operasional pendidikan. Dalam tahun 1969, gedung SD Islam Muhammadiyah 28 direhab total dengan biaya sepenuhnya ditanggung Bapak HS. Prodjokusumo.

  1. Tahun 1965: Berdiri TK Aisyiyah Busthanul Athfal

Didorong oleh tingginya animo masyarakat yang menghendaki putra/ putrinya sekolah di TK, maka saat itu mulai dirintis berdirinya TK Aisyiyah Busthanul Athfal 28.

  1. Tahun 1974: Pemerintah DKI Jakarta akan memberikan bantuan gedung sekolah kepada SD Islam Muhammadiyah 28, dengan salah satu persyaratan tanahnya mencukupi. Pada waktu itu Ibu Hj. Siti Djauharin Insijah mohon petunjuk kepada Bapak HS. Prodjokusumo, untuk kemudian beliau mewakafkan lagi tanahnya dilokasi yang sama, dari 2.200 M2menjadi 3.600 M2. Dengan demikian Pemerintah DKI memberikan bantuan gedung yang pertama kali kepada SD Islam Muhammadiyah 28 pada tahun 1975.
  2. Tahun 1976: Berdiri SMP Muhammadiyah 35.

Untuk keperluan pengembangan, maka guna menampung para lulusan SD Islam Muhammadiyah 28 khususnya, dan lulusan SD lain pada umumnya, maka pada tahun 1976 didirikan SMP Muhammadiyah 35, dan pada tahun 1978 mendapat bantuan gedung sekolah yang kedua di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama.

  1. Tahun 1978: Pengangkatan Guru/ Pegawai swasta Bersubsidi Berdasarkan Keputusan Presiden RI pada waktu itu, seluruh guru/ pegawai swasta bersubsidi dapat diusulkan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan usulan, maka seluruh guru/ pegawai pada SD Islam Muhammadiyah 28 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan diperbantukan pada Pemda DKI Jakarta dengan tugas di SD Islam Muhammadiyah 28 Cipulir Kebayoran Lama.
  2. Tahun 1978 berdiri Masjid Nurul Amal

Dalam rangka membentuk para siswa menjadi manusia Muslim yang berakhlak mulia, percaya pada diri sendiri dan kelak berguna bagi agama, bangsa dan negara, maka dalam penyelenggaraan pendidikan bernafaskan Islam, sangat diperlukan sarana Masjid sebagai tempat praktik ibadah para siswa khususnya. Oleh sebab itu, walaupun kemampuan dana masih sangat terbatas, kami bersama-sama guru/ karyawan pada tahun 1978 memberanikan diri untuk mendirikan Masjid Nurul Amal di lingkungan Komplek Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama. Kemudian dalam perkembangannya, saat ini telah direhab total dengan dibangun kembali berlantai III.

  1. Tahun 1984 berdiri SMU Muhammadiyah 18:

Waktu berjalan terus, guna menampung para lulusan SMP Muhammadiyah 35 khususnya dan para lulusan SMP lain disekitarnya, maka pada tahun 1984 mulai didirikan SMU Muhammadiyah 18 di lingkungan Komplek Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama.

  1. Pemenuhan Sarana Gedung Sekolah

Hingga saat ini, di lingkungan Komplek Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama telah berdiri 3 unit sekolah, yaitu: SDM. 28, SMPM. 35, dan SMUM. 18. Animo masyarakat untuk mensekolahkan putra/ putrinya di seluruh unit sekolah yang ada, makin tahun makin meningkat. Sehingga pada waktu itu gedung sekolah yang ada kurang lebih 12 lokal tidak mampu menampung. Oleh karena itu, Perguruan diharapkan dengan tantangan untuk menambah ruang belajar.

Mengingat terbatasnya lahan, maka penambahan ruang belajar dimaksud, hanya dimungkinkan dengan melaksanakan rehab total gedung sekolah yang ada, dan membangun kembali berlantai III. Karena kemampuan dana masih sangat terbatas, maka pembangunan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, yakni:

  1. a)Tahap Pertama, sebanyak 18 lokal dilaksanakan mulai tahun 1989 dan selesai tahun 1992.
  2. b)Tahap Kedua, sebanyak 18 lokal, dilanjutkan mulai tahun 1993 dan selesai pertengahan tahun 1997.

Alhamdulillah, berkat bantuan semua pihak dan atas kerjasama yang baik dari semua unsur yang ada di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Cipulir, rencana pembangunan tersebut dapat diselesaikan, sebagaimana kita saksikan bersama saat ini.

  1. Tahun 1992/ 1993 berdiri SMK Muhammadiyah 9

Dalam rangka memenuhi tuntutan zaman yang selalu berkembang dan dalam mencetak tenaga kerja tingkat menengah, maka pada tahun pelajaran 1992/ 1993 berdirilah SMEA Muhammadiyah 9.

  1. Tahun 1992/ 1993 berdiri LPK Komputer

Dalam rangka meningkatkan mutu tamatan, sesuai perkembangan zaman yang serba canggih. Maka pada tahun 1992/ 1993 didirikan LPK Komputer, yang kegiatannya wajib diikuti oleh seluruh siswa di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Cipulir Kebayoran Lama. Sekaligus hal ini melengkapi sarana Laboratorium yang sudah ada seperti: Laboratorium IPA/ Biologi dan Laboratorium Mengetik.

Hits: 866